Semangat Membaca Ya Have A Great Day!
Jangan Tampilkan Lagi Terimakasih

Maladaptive Daydreaming Suka Membuat Imajinasi Palsu

Hallo gimana kabarnya? aku harap kalian baik baik saja yaa! kali ini aku bakal mengungkap fakta kalau suka membuat cerita palsu atau fake scenarios dalam pikiran itu bisa memicu terjadinya ganguan mental loh apakah kamu sudah tau? pasti banyak dari kalian yang suka, memikirkan atau membuat cerita dlam pikiran kalian yang sebenarnya itu palsu atau kalian hidup di dalam pikiran kalian yang seharusnya itu tidak boleh di lakukan karena ini termasuk toxic mind

Apa Itu Maladaptive Daydreaming?

Maladaptive daydreaming adalah kondisi di mana seseorang terlibat dalam fantasi yang berlebihan dan merusak kehidupan sehari-hari mereka. Orang dengan maladaptive daydreaming cenderung menghabiskan banyak waktu dalam dunia imajinasi mereka sendiri, terkadang hingga beberapa jam sehari, dan hal ini dapat mengganggu produktivitas, hubungan interpersonal, dan fungsi sosial mereka.

Saya Mengambil contoh semisal kita menyukai sesorang tetapi hampir mustahil mendapatkan hati orang yang kita suka tetapi kita selalu memaksakan untuk ber angan angan seakan kita bersama orang yang kita suka dan membuat imajinasi palsu bersama orang tersebut. sebagian orang nyaman berada di zona ini mereka bilang “aku lebih nyaman berada di imajinasiku” tetapi hal ini cenderung dapat mengangu mental kita, ya memang berimajinasi tidak ada salahnya tetapi jika terlalu berlebihan pun dan hampir setiap kali membuat imejinasi palsu dapat menyebabkan Maladaptive Daydreaming loh, ini menyebabkan setiap hal yang kamu lihat atau kamu inginkan tetapi hampir mustahil kamu dapatkan otomatis pikiran kamu akan membuat skenario palsu untuk hal itu sangat sayang sekali kalau kamu hanya bisa berkhayal dan hanya hidup di dalam haluan imajinasi saja masih ada potensi 1-50% untuk mendapatkan hal tersebut.

Apa Efek Maladaptive Daydreaming?

Maladaptive Daydreaming biasanya terjadi kepada orang dengan kondisi yang memengaruhi kesehatan mental dan jenis fungsi otak tertentu. Kondisi yang biasanya terjadi pada Maladaptive Daydreaming adalah:

  • Gaguan Kecemasan (Aniexty)
  • Gangguan obsesif-kompulsif (OCD)
  • Trauma Masa Lalu
  • Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Usia Juga termasuk efek dari ganguan MD ini Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit ini sering terjadi pada anak muda dan remaja. banyak orang yang mengalami ganguan MD ini memiliki riwayat pelecehan seksual atau trauma, terutama pada masa kanak-kanak. Namun tidak semua dari faktor di atas merupakan awal mula mengalami maladaptivr daydreaming.

Apa Gejala Ketika Mengidap Maladaptive Daydreaming?

Gejalanya seperti sering gusar saat berifikir suatu hal yang belum terjadi ataupun tidak akan terjadi seolah-olah hal itu akan terjadi dan menjadi kenyataan, dan gejalanya terbai menjadi dua yaitu dari prilaku dan pikiran orang yang mengidap seperti tidak teang dan mengalami ganguan kecemasan selalu berpikir dan membuat skenario palsu dalam hidupnya.

Apa Penyebab MD?

Belum pasti dan belum di temukan penyebab pasti terjadinya maladaptive daydreaming ini karena ini mungkin di sebabkan karena kondisi gangguan mental tersendiri atau faktor psikologis lainya.

Perilaku Yang Di Sebabkan Maladaptive Daydreaming

Jenis prilaku yang terjadi pada MD sering kali melibatkan hal-hal berikut:

  • Perilaku yang meniru atau seakan akan kita menjadi tokoh utama di sebuat film yang kita tonton
  • Berperilaku aneh serta mengngap dirinya paling hebat dalam mengahadapi suatu hal
  • Melamun hingga berjam-jam biasna sebelum tidur atau ketika tidak ada kegiatan atau sendirian

Bayangkan saja kamu sangan obsesif terhadap salah satu tanyangan di acara tv dan kamu berangan angan menjadi orang/tokoh utama yang kamu dambakan dan hal ini terus berlanjut hingga terbawa ke hidupan yang kamu jalani setiap harinya.

Diagnosis/Test Penyakit MD

Di lansir dari https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/23336-maladaptive-daydreaming
Melamun maladaptif bukanlah suatu kondisi yang dikenali. Oleh karena itu, penyakit ini bukanlah sesuatu yang dapat didiagnosis secara langsung oleh penyedia layanan kesehatan. Juga tidak ada tes diagnostik atau laboratorium yang dapat memastikan apakah Anda mengalaminya.

Namun, dokter dapat menemukan tanda-tanda masalah ini dengan menggunakan kuesioner khusus dan skala diagnostik untuk kondisi terkait seperti ADHD, OCD, depresi, kecemasan, dan gangguan disosiatif. Mereka juga dapat langsung menggunakan Maladaptive Daydreaming Scale-16 (MDS-16), serangkaian pertanyaan yang dapat menunjukkan apakah seseorang lebih mungkin mengalami masalah ini.

Bagaimana Cara MEnghadapi Maladaptive Daydreaming?

Karena ini penyakit mental / ganguan mental cukup sulit untuk take care ganguan ini sendiri, cara alternatifnya adalah berkonsultasi ke layanan mental terdekat, karena menurut saya psikolog akan jauh lebih membantu daripada harus cerita ke orang terdekat karena biasanya orang pengidap MD memiliki trust issue yang sangat tinggi daripada membuat lebih parah/di pendam sendiri lebih baik untuk berobat ke layanan mental terdekat kalian yaaa….

Berapa lama ganguan ini bertahan?

Maladaptive Dd ini bermunculan sekitar tahun 2002 dan belum banyak penelitian yang meneliti ganguan ini bahkan hanya sedikit informasi yang dapat dicari berapa lama ganguan ini bertahan, cara untuk sembuhnya yaitu dengan terapi psikologi dan selalu berpikir rasional dan tidak melebih lebihkan

Apa yang harus saya katakan ketika berkonsultasi?

Biasanya penyedia layanan kesehatan mental belum tahu banyak tentang Maladaptive Daydreaming ini dan ganguan ini tidak pernah mendapat pengakuan resmi dari kesehatan mental cara yang tepat ketika anda ke psikologin anda dapat melakukan ini di lansir dari my.clevelandclinic.org melakukan tes skrining untuk kondisi terkait seperti ADHD, OCD, kecemasan, dan depresi

Pesan Dari PrettyMind-Pativiral

MD ini adalah penyakit ganguan mental yang nyebabin kamu dapat tenggelam dalam pikiran atau imajinasi kamu sendiri so lebih baik kamu mulai belajar untuk tidak hanyut kedalam pikiranmu sendiri ya “SEPOTONG BESI AKAN HANCUR KARENA KARATNYA SENDIRI”
Sampai sini aja ya mimin PrettyMind Jelasin tentang ganguan Maladaptive Daydreaming semoga kalian tetap semangat yaaaa have a gretday!

SUMBER: https://quizzboom.com/quiz/maladaptive-daydreaming-test/
https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/23336-maladaptive-daydreaming

Share:

Pati Viral

Heiii ayo tingkatkan pengetahuanmu dengan membaca yaaa!